Make Good Relations With Everyone


PROLOG
February 12, 2007, 4:50 am
Filed under: Main Topic

Public Relations, PR Purel atau Hubungan Masyarakat, diakui masih merupakan bidang baru di Indonesia. Lahirnya PR, memiliki hubungan yang sangat erat dengan perkembangan dan lemajuan masyarakat di berbagai bidang. Mulai dari bidang pendidikan, bidang ekonomi, social hingga ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berbagai pendapat menyebutkan, sebenarnya raktek bidang public relations sudah dilakukan manusia sejak berabad-abad lampau. Namun wktu itu kegiatan tersebut belum dinamakan PR. Di zaman Neolitikum, sudah lazim seseorang menghubungi orang lain untuk menjual atau menukar barang hasil usahanya dengan barang lain kepada orang lain yang membutuhkannya. Menurut ilmu pengetahuan sekarang, aktivitas itu sudah termasuk praktek public relations.

Dalam bukunya Your Public Relations, Glenn Griswold dan Deny Griswold mengatakan, aktivitas PR sudah dilakukan Cleopatra saat menerima kedatangan Mark Anthony di tepi sungai Nil. Karena Cleopatra sudah berusaha mengadakan hubungan dengan orang lain yang sifatnya dapat menyenangkan dan menguntungkan kedua belah pihak.

Sementara itu para ahli sejarah menyebutkan, PR yang terorganisir, sudah mulai dilakukan di zaman Gilda di Eropa. Pada waktu itu di Eropa terdapat perkumpulan dagang dalam bidang perdagangans ejenis. Mereka masing-masing berusaha meningkatkan produksinya dan memperluas pasarannya kepada publik tentang kualitas, manfata dan sebagainya.

Perkembangan selanjutnya menunjukkan, seiring dengan kian maraknya aksi buruh terhadap kebijkasanaan perusahaan/industru, maka timbulah ide  dan pemikiran untuk memperbaiki keadaan dan mengadakan hubungan kembali dengan para buruh dan pekerja, sehingga akan timbul kembali pandangan  positif pihak publik terhadap perusahaan. Guna mencapai usaha itu, dipandang perlu adanya badan yang secara khusus dapat memelihara dan menciptakan komunikaid yang baik dan efektif antara perusahaan/industru, baik dengan buruh atau karyawannya maupun dengan masyarakat umum. Badan di  bidang komunikasi inilah yang saat ini dikenal denga  public relations.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a comment