Make Good Relations With Everyone


ABOUT PUBLIC RELATIONS
February 12, 2007, 5:08 am
Filed under: Main Topic

What’s the public relations?

  • Istilah PR pertama kali diluncurkan Thomas Jefferson tahun 1807 di depan Kongres Amerika Serikat.
  • Tahun 1882, istilah PR juga diucapkan dalam sebuah sambutan  pada hari sarjana di Yale Law School. Sambutan yang berjudul The Public Relations and Duties of the Legal Profession ini dicantumkan dalam The Year Book of Railway Litterature tahun 1987 yang penggunaannya dihubungkan dengan perkeretaapian di Amerika Serikat.
  • Tahun 1921, Ivy Lee secara reguler menerbutkan bulletin yang berjudul Public Relations di New York
  • Tahun 1923, Edward L Bernays mempopulerkan istilah PR dalam bukunya Crystalazing Public opinion.

 

Public Relations as Proffession

Awal abad 20, pelopor  PR yang memulai karirnya di bidang publissitik Ivy Lee membuka biro advice and councell dalam bidang public relations. Hampir bersamaan waktunya, pimpinan industri American Telephone and Telegraph, Arthur Page secara khusus menerapkan PR yang ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan baik berusahaan baik dengan pegawai, langganan maupun publik sekitar perusahaan seperti lazimnya praktek PR saat ini.

Sementara di sector pemerintahan, profesi Public Relations Officer mulai diterapkan George Creel di masa pemerintahan presiden Wilson. Saat itu Creel memiliki tugas di bidang Public Information. Di masa selanjutnya, George Creel; dibantu Edward L Benays. Bernays sendiri diakui sebagai pelopor PR yang pertama kali memberikan materi kuliah PR, yakni di Universitas New York.

Seiring dengan semakin diakuinya PR sebagai suatu hal penting dalam pemerintahan dan perusahaan, makan dari hari ke hari eksistensi PRO semakin dibutuhkan. Dampaknya makin banyak pula insitusi yang menyediakan pendidikan khusus di bidang public relations. Bahlkan untuk bidang-bidang social khususnya, public relations dijadikan mata kuliah wajib.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a comment